Senin, 09 April 2018

CP-5 Universitas Dhyana Pura

1 ) Analisis SWOT Lazada.co.id

1. Strengths
  • Jangkauan global
  • Pengurangan biaya operasi
  • Perbaikan rantai pasokan
  • Kecepatan menjangkau pasar
  • Biaya komunikasi/koordinasi lebih rendah
  • Efisiensi pengadaan produk
  • Meningkatkan hubungan dengan konsumen
  • Informasi yang up-to-date
  • Tidak harus membayar pajak/biaya usaha fisik
  • Sistem Pembayaran yang memberi kemudahan
  • Berjalan Otomatis
  • Biaya Promosi Kecil
  • Berbasis data dan email sehingga lebih terorganisir.

2. Weaknesses

          Karena mudah dijalankan, maka menjadi sangat mudah bagi siapa saja untuk mmelakukan dan bersaing dengan cara promosi iklan produk dan jasa yang serupa, sehingga menimbulkan Kompetisi yang tinggi. Selain itu ada beberapa kelemahan lain, diantaranya :
  • Keamanan
  • Kepercayaan dan resiko
  • SDM
  • Model bisnis
  • Budaya masyarakat yang masih cenderung memilih pasar konvensional
  • Penipuan
  • Akses Internet yang lambat
  • Permasalahan hukum/legalitas
  • Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia
  • Ukuran/ Size yang tak sama ( pakaian )
  • Tidak bisa Memegang & Mencoba produk
  • Pasar Seluruh Dunia Tapi Terbatas Pada Pengguna Internet
  • Sistem Pembayaran yang masih seidikit rumit (bagi yang gaptek )

3. Opportunities

Bisnis online ini memiliki peluang yang sangat bagus.karena bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa saja dimana saja dan kapan saja.Apalagi bagi orang-orang yang tidak ingin banyak meniggalkan keluarganya hanya untuk bekerja diluar rumah.adapun yang lainnya adalah :
  • Bisa diakses dimana saja –kapan saja
  • Lebih banyak pilihan produk dan jasa
  • Harga lebih murah
  • Pengiriman/pe-nyampaian segera
  • Ketersediaan informasi
  • Kesempatan berpartisipasi
  • Wahana komunitas elektronik
  • Personalisasi
  • Tidak dikenai pajak penjualan

4. Threats

Berbagai bisnis apapun pasti memiliki ancaman yang akan dihadapi kedepannya termasuk bisnis online ini.Ancaman berbisnis online antara lain datang dari orang orang yang hanya iseng,jasa pengiriman,dalam soal pembayaran dan lain-lain.

2 ) Analisis SWOT BukaLapak.com

1. Strengh

  • Mudah di akses dari Web maupun mobile
  • Mudahnya pencarian barang karena banyaknya penjual
  • Sering adanya discount bagi pembeli tetapi tidak meruggikan penjual
  • Adanya Sistem Payment Sistem
2.Weakness

  • Karena Sistem Payment Uang yang seharusnya langsung ke penjual ke tahan di rekening BukaLapak sehingga perputaran uang untuk penjual sedikit lama
  • Apabila ada customer yang memberika feedback negative akan berpengaruh pada reputasi penjual

3. Opportuity

  • Membuat inovasi dan diskon pada hari tertentu
  • Bisa menjangkau seluruh indonesia
  • Banyaknya penjual yang dapat menjaual barang nya
4.Threats

  • Persaingan dengan situs jual beli lain yang hampir sama
  • Apabila tidak ada program dan inovasi akan tertinggal oleh situs jual beli yang lain 

3 ) Analisa SWOT Tokopedia

  1. Strength

  1. Tokopedia ini sangat mudah diakses dalam hal mendaftar,menjual (memasang iklan) ataupun membeli
  2. Gampang ditemukan di search engine(memiliki page rank yang tinggi)
  3. Tampilan dan toolbar mudah dipahami mulai dari kategori sampai keterangan2 yang lain..

2. Weaknesses

  1. Tokopedia ini memakai bahasa indonesia sehingga situs ini susah go internasional.
  2. Karena bergantung dengan internet, sinyal internet kadang susah dijangkau di daerah-daerah tertentu.

3. Opportunities

  1. Masyarakat di indonesia sebenarnya masi ragu akan pembelian barang atau jasa di internet (jual beli online), Karena mereka menganggap bahwa jual beli tersebut sangat rawan akan penipuan padahal tidak semua jual beli online itu bisa ditipu.
  2. biasanya jual beli online itu biasanya memakai b.inggris sedangkan msyrakat indonesia sendiri tidak semua bisa berbahasa inggris, Kesempatan itulah yg diambil karena tokopedia sendiri  memakai bahasa indonesia yang artinya memudahkan  masyarakat indonesia sendiri untuk jual beli online.

4. Threat

  1. Ancaman dari situs web penyedia iklan gratis yg lain. 
  2. Ancaman dari hacker.

4 ) Analisa SWOT blibli.com

1.  Strength

      Dalam penggunaan jasa jual beli online pastilah terdapat kelebihan dan kekurangannya, berikut adalah kelebihan dan kekurangan jual beli online melalui blibli.com:



  • Tak sekadar berjualan, situs ini menawarkan jasa informasi bisnis, interaksi pengguna, hingga iklan.
  • Situs Online Shopping ini, telah memakai sistem keamanan yang sudah mendapat sertifikasi dari VeriSign (merupakan sistem standar keamanan transaksi online di dunia, serta mitra perbankan yang terpercaya diseluruh dunia).
  • Situs Blibli.com ini memposisikan dirinya sebagai social e-commerce, yang mengusung tagline “assisting customer assisting customer”, Yang artinya adalah Situs  Blibli.com membantu si pelanggan agar pelanggan tersebut dapat membantu pelanggan lainnya.
  • Situs Blibli.com ingin menempatkan dirinya sebagai sahabat bagi para pelanggan yang memberikan saran-saran terbaik dari para member yang dianggap oleh Situs Blibli.com ini dengan sebutan “friends”.
  • Sebagai online mall, Blibli.com juga mencoba menawarkan berbagai      kemudahan bagi para pelanggan.
  • Dalam proses pembelian dan pembayaran, pelanggan juga selalu diberi kesempatan untuk mengonfirmasi kembali keputusannya untuk membeli. Kemudian ketika barang sedang kosong atau habis (out of stock), akan ada informasi kapan stok barang datang lagi. Dengan demikian pelanggan tidak putus asa dan berpindah ke “toko sebelah”.




2.  Weakness (Kekurangan)

     Untuk metode pembayarannya, blibli.com hanya menerima kartu kredit dari dua bank, yakni Bank Central Asia dan Bank Mandiri.








3.  Opportunity (Peluang) 
e-commerce tumbuh dan berkembang dibanyak belahan dunia. Asia dan Pasifik juga sepertiga dari negara-negara berkembang sudah banyak yang menggunakan internet. Jumlah pengguna internet juga terus tumbuh. Sebagian besar pertumbuhan ini berasal dari Asia, Amerika latin dan belahan Eropa. Oleh karena itu e-commerce sangat menguntungkan toko-toko online yang sudah menjamur di Indonesia ini, contohnya blibli.com.


4.  Threat (Ancaman) 
Rendahnya hambatan masuk antar negara-negara akan menyebabkan banyak pesaing-pesaing di perusahaan internet. Banyak muncul perusahaan-perusahaan internet didunia ketiga (negara berkembang) akan menyebabkan banyak menimbulkan pesaing-pesaing. Pesing terbesar yang ada di dunia internet adalah Wall mart yang merupakan perintel terbesar di dunia.
Tokobagus sendiri merupakan pesaing bagi blibli.com, Tokobagus ini merupakan sebuah situs dimana perusahaan dan perorangan dapat menjual dan membeli produk maupun jasa. Tokobagus juga merupakan search engine friendly, yang berarti tidak hanya  pengunjung dari Tokobagus yang akan menemukan iklan anda tetapi juga orang-orang yang mencari produk atau jasa dengan menggunakan search engine seperti Google juga akan menemukan iklan-iklan anda. Karena strategi yang kuat dan media publikasi yang besar kini Tokobagus telah mempunyai lebih dari 100.000 pengunjung setiap hari.


5 ) Analisis SWOT Shopee

  1. Strenghts shopee
  1. Respon penjual cepat
  2. Rating barang dominan bagus 
  3. Barang yang dijual sesuai dengan gambar
  4. Ongkir gratis untuk pembelian 100.000 keatas
2. Kelemahan
  1. Untuk promo ongkos kirim gratis, syarat yang harus dipenuhi terkesan sulit dan merepotkan.
  2. Tampilan deksripsi produk yang dinilai kurang menarik perhatian para calon pembeli.

3. Peluang
Bisa bersaing dwngan olshop lain seperti lazada karena memiliki fitur yang hampir mirip. 
4. Ancaman
Ancaman dari hacker.

 Kesimpulan

Menurut pengalaman yang pernah saya alami saya lebih memmilih ke online shop E-commerce Lazada karena irit biaya Ongkir dan jaminana uang kembali jika barang tidak sesuai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CP-11 E-Commerce Universitas Dhyana Pura

UU Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik adalah ketentuan ya...